Tips Memberikan Air Putih Untuk Anak Anda yang Masih Berusia Dibawah Satu Tahun

Tips Memberikan Air Putih Untuk Anak Anda yang Masih Berusia Dibawah Satu Tahun

Inilah Tips Memberikan Air Putih Untuk Anak Anda

Banyak orang tua yang masih belum mengetahui bahwa ada bahaya tertentu dari memberikan air putih minum pada anak dibawah usia satu tahun. Sama halnya dengan mencuci peralatan anak dibawah satu tahun (referensi: https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-bunda-harus-menggunakan-sabun-cuci-food-grade-untuk-perlengkapan-makan-anak dibawah satu tahun ) yang harus menggunakan pencuci foodgrade, pemberian air putih putih juga perlu dijaga. Untuk urusan bayi tentu saja bagi bunda atau orang tua tidak boleh sembarangan memilihkan barang atau bahan yang digunakan untuk keperluan si bayi.

Singkirkan Kuman pada Botol Bayi dengan pencuci foodgrade terbaik

Dalam hal mencuci peralatan bunda harus memperhatikan sabun atau peralatan yang digunakan untuk mencuci dengan benar, sebab jika tidak maka akan berpengaruh pada kesehatan sibayi misal diare dan lain sebagainya. Penyebabnya salah satunya saat mencuci botol bayi kurang bersih untuk itu bunda harus memperhatikan langkah-langkanya dengan benar.

Tips Memberikan Air Putih Untuk Anak Anda yang Masih Berusia Dibawah Satu Tahun

Sebenarnya, kandungan air putih dalam susu formula dan ASI mengandung cukup air putih untuk, bahkan di tempat yang panas, iklim kering. Komposisi air putih dan dalam ASI sebenarnya sudah lebih dari cukup. Saat mencampur susu formula, kandungan air putih akan mencukupi kebutuhan anak dibawah satu tahun bila digunakan sesuai takaran yang dianjurkan. Demikian juga dalam ASI sudah terdapat sekitar 88% air putih. Sehingga kalapun orangtua tetap memberi air putih putih sebiknya hanya seteguk atau dalam beberapa sendok saja.

Jika Anda memutuskan untuk memberikan air putih pada anak dibawah satu tahun anda, silakan membatasi berapa banyak yang Anda tawarkan. Pemberian air putih berlebihan nantinya secara tidak disadari akan menggantikan asupan ASI atau susu formula. Anak dibawah satu tahun yang minum terlalu banyak air putih dapat turun dengan intoksikasi air putih. Untuk anak-anak bawah usia 1 tahun – dan terutama selama sembilan bulan pertama kehidupan – minum terlalu banyak air putih bisa menjadi praktik berbahaya.

Kelebihan air putih akan menyebabkan kandungan elektrolit dalam darah menjadi tidak seimbang, misalnya sodium (natrium). Kelebihan cair putihan tersebut akan melarutkan sodium dalam darah dan akan dikeluarkan tubuh, sehingga kadar sodium menjadi rendah yang dapat mempengaruhi aktivitas otak. Awalnya ditandai dengan merengek-rengek, mengantuk dan gejala penurunan kesadaran lainnya yang kadang luput dari kewaspadaan orang tua. Gejala lainnya adalah penurunan suhu tubuh, bengkak di sekitar wajah dan jika dibiarkan dapat menjadi kejang. Jika si kecil sampai mengalami kejang, kemungkinan terjadi gangguan perkembangan. Namun hal ini juga bergantung pada frekuensi dan durasi kejang tersebut terjadi.

Nah demikian pembahasan seputar tips memberikan air putih pada bayi. Kuncinya terletak pemilihan pencuci foodgrade yang tepat dan prosedur mencuci yang benar. Selamat mempraktikkan ya bunda! Semoga bayinya tumbuh sehat dan cerdas.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.