Cara Memanfaatkan Medsos untuk Blog Anda

Memanfaatkan Medsos untuk Blog Anda

Media sosial tak bisa dijauhkan dari kehidupan kita. Selain sebagai pemersatu umat dari seluruh penjuru dunia, media sosial penting sekali untuk urusan ngeblog. Ya, apalagi kalau tidak digunakan sebagai tempat berbagi beragam postingan Anda di blog. Cara memanfaatkan medsos untuk blog Anda berikut ini akan membuka lebar pikiran Anda tentang kegunaan medsos yang seing dipandang sebelah mata oleh orang-orang.

Memanfaatkan Media sosial untuk Blog

Mari kita jadikan medsos sebagai tempat berbagi hal-hal penting. Jadi yang dibagikan bukan hanya status alay atau foto kekinian dari remaja-remaja di zaman sekarang. Tapi juga postingan bermanfaat dari para blogger.

Artikel terkait:  Cara Membuat Halaman About Us, Contact Us, Privacy, dan Disclaimire
Facebook adalah tempat dimana Anda menemukan keragaman profil. Hampir semua orang memiliki Facebook, jadi coba fokus ke akun sosial media ini.

Sebelum memanfaatkan media sosial ini sebagai tempat promosi blog, Anda ada baiknya melengkapi profil dengan sebenar-benarnya. Supaya tidak menampakkan kalau Anda adalah seorang penipu. Pasang biografi asli, foto asli, serta keterangan asli lainnya. Jangan lupa cantumkan url blog Anda di bagian ‘tentang’.

Berikutnya setelah melengkapi profil coba cari teman dengan latar belakang penulis dan juga seorang blogger. Jangan hanya mencari teman blogger saja, cari juga teman yang tampaknya suka membaca dan beraut wajah pintar.

Ikut bergabung pula dengan grup-grup yang membahas seputar blog. Di sana Anda dapat belajar lebih dalam tentang dunia blogger. Selain belajar bersama, Anda pun dapat share url di grup tersebut sebagai ajang pengenalan.

Kemudian Anda jangan lupa cari teman yang sebenarnya. Maksudnya bukan cuma cari teman dengan klik ‘add’, tapi benar-benar cari teman. Lebih bagus lagi teman Anda adalah seorang blogger juga.

Nantinya Anda bisa bertukar pikiran, saling memberi saran atau malah bekerja sama dalam membangun blog.

Jalinlah komunikasi dengan pengguna lain, komentar di status mereka. Jadi jangan cuma like.

Jika orang itu peka, mereka juga akan berkomentar di status Anda. Kemudian yang tak boleh ketinggalan adalah Anda membagikan artikel blog di Facebook. Raih sebanyak-banyaknya pengunjung lewat jejaring sosial Facebook.

Jangan takut kalau tidak ada yang mengunjungi blog Anda, kalau teman-teman Anda tahu dengan profil Anda, sebab sudah beberapa kali terlibat perbincangan yang kalian lakukan di kolom komentar, yakinlah nanti mereka akan mengunjungi blog Anda itu. Mengeklik link lalu membaca artikel Anda.

Apalagi jika artikel yang Anda buat sangat bermanfaat. Mereka akan berlomba-lomba mengeklik artikel Anda tersebut.
Dengan dilengkapi fasilitas instagram story, sosial media Instagram ini tak luput dari daftar tempat untuk kita manfaatkan sebagai penunjang kelangsungan blog kita.

Instagram story yang dituding meniru sosmed Snapchat, meski begitu di lain sisi jika memiliki manfaat untuk kehidupan kita kenapa tidak kita terima-terima saja?

Kelebihan dari instagram story atau snapgram ini bisa Anda tanamkan artikel di sana. Biasanya bentuknya akan menjadi ada tulisan ‘Swipe ke Atas’

Fitur tersebut biasnaya dimanfaatkan beberapa Youtuber untuk memberitahukan penikmat kalau ada video baru di channel mereka. Namun kenapa kita sebagai blogger tidak ikut memanfaatkannya?

Buat tampilan yang unik dan menarik di snapgram Anda, lalu himbau penikmat snapgram Anda untuk melakukan swipe yang nantinya bakal terhubung dengan blog kalian.

Itulah Cara Memanfaatkan Medsos untuk Blog Anda dalam lingkup Instagram.

Lebih baik membuat snapgram yang merujuk pada blog dibanding membuat postingan. Meski nantinya snap tersebut akan hilang setelah 24 jam berlalu, tapi tidak apa-apa. Yang penting sudah ada yang melihat snap Anda.
Caranya agak susah-susah gampang. Menemukan teman yang suka ngeblog atau pembaca di twitter mungkin agaknya menyulitkan Anda.

Tapi yang pasti jangan pelit follow. Follow orang sebanyak-banyaknya, itu sebagai cara kalian mengenalkan diri kepada orang-orang yang Anda follow tersebut.

Kalau mereka tertarik, mereka akan balik memfollow kalian. Kemudian saat sudah mempunyai beberapa followers, bagikan artikel ke twitter. Jika menarik minat followers kalian, mereka akan mengunjungi link Anda tersebut.

Baca juga:  Cara Memasang Komentar Disqus di Blog
Google plus juga sosial media? Iya, tapi lebih ke update link-link blog dibandingkan status atau foto seperti Facebook maupun Instagram.

Google plus lebih khusus, di sini Anda lebih bebas dalam hal berbagi. Jadi manfaatkan keberadaan Google+ dengan sebaik-baiknya.

Cara yang tepat menggunakan sosial media ini, Anda cukup membagikan postingan Anda tiap update artikel ke Google plus. Lebih direkomendasikan lagi kalau Anda juga mencari pengikut di Google plus. Sebab dengan banyak orang mengikuti Anda di Google, itu dapat membuat SERP menjadi dipandang bagus oleh Google.

Begitulah Cara Memanfaatkan Medsos untuk Blog Anda dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Labels: