Panduan yang Banyak dicari Tentang Cara Menggunakan Google Search Console

Cara Menggunakan Google Search Console Dengan Benar

Dulunya Google Search Console bernama Webmaster Tool, tapi oleh suatu sebab kini namanya diganti. Meskipun mengalami perubahan nama, tapi tidak bisa menggantikan fungsinya. Masih seperti dulu, Google Search Cnsole digunakan untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan blog. Entah itu agar SEO, seluruh artikel terindeks, atau memantau jika ada malware berbahaya yang meberikan dampak buruk pada blog. Untuk itu, Anda pasti sangat memerlukan panduan ini.

Google Search Console

Memiliki blog atau website tentu saja kita ingin artikel yang kita buat dengan susah payah dapat terdeteksi oleh mesin pencari dengan mudah bahkan dengan harapan bisa masuk halaman pertama atau peringkat pertama hasil pencarian. Nah dalam hal ini tentu saja sebagai blogger perlu untuk melakukan yang  namanya memasukkan url ke seach console agar bisa cepat ter-index oleh mesin pencari. Untuk itu yuk simak pembahasan lebih lanjut.

Artikel terkait: Cara Mengecek Harga Blog atau Website Anda

Berikut kami paparkan panduan yang banyak dicari tentang cara menggunakan Google Search Console.

1. Mendaftar Ke Website Google Search Console


Sebelum mendaftar, Anda harus sudah terlebih dahulu memiliki akun Google. Masuk ke akun Google kalian. Setelah masuk, maka kunjungi halaman Google Search Console.

Nanti akan tampil sebuah halaman, Anda fokus saja pada menu ‘tambahkan properti’.

Ketikkan url blog Anda di kotak yang sudah disediakan. Setelah itu Anda akan diminta memverifikasi apakah benar blog itu milik Anda.

Caranya dengan mengunduh ‘File verifikasi html’ yang sudah disediakan di sana.

Jika Anda memakai platform Blogger, pilih metode alternatif kemudian salin tag html yang sudah disediakan.

Kini Anda beralih ke dashboar blog Anda. Buka menu template, lalu klik edit html dan tempel kode tadi di depan </header>

Agar mudah mencari, klik saja ctrl+f.

Setelah meletakkan meta tag di sana, kembali ke halaman Google Search Console, lalu klik verifikasi.

Ingat! Jangan klik verifikasi jika Anda belum meletakkan meta tag tadi di blog. Karena verifikasi akan gagal sebanyak apapun kalian mencoba.

2. Menghubungkan Google Search Console dengan Google Analytics

Agar Anda bisa melihat statistik blog Anda dari Google, Google Analytics sangat pelru dipasang di blog Anda.

Cara menghubungkannya cukup dengan mengeklik gear/gerigi di pojok kanan atas. Pilih ‘properti Google Analytics’. Anda akan dibawa pada halaman pengaktifan Google Analytics. Checklist pilihan radio button, kemudian save sebelum akhirnya mengeklik ‘Buat akun Google Anlytics’.

Sekarang Google Search Console Anda sudah terhubung dengan Google Analytics. Anda bisa melihatnya di bawah keterangan blog bersama properti blog lain yang sudah Anda tambahkan.

3. Menambahkan Peta Situs ke Google Search Console

Panduan yang banyak dicari tentang cara menggunakan Google Search Console ini berhubungan dengan cara supaya artikel diindeks di pencarian Google. Dengan peta situs pula, Google lebih mudah menemukan halaman-halaman yang ada di blog Anda.

Cara menambahkan peta situs sangat mudah, tinggal klik menu Site Maps/Peta Situs.

Kemudian tambahkan properti. Anda bisa menambah properti ‘sitemap.xml’ di sana. Ingat, saat memasukkannya pastikan kalau hurufnya kecil semua. Bukan kapital atau di huruf pertama ditulis kapital. Jangan seperti itu, nanti akan gagal saat menambahkan propertinya.

Setelah itu site maps akan memiliki tambahan properti. Dengan begitu artikel di blog Anda bisa cepat terindeks dan dibaca oleh orang-orang yang mencarinya di Google.

4. Cara Menggunakan Fetch As Google agar artikel cepat terindeks

Cara ini banyak dipakai para blogger agar artikel yang selesai dibuat cepat diindeks oleh Google. Jadi yang mereka lakukan bukan cuma menambahkan peta situs saja.

Cara menggunakan fasilitas Fetch As Google adalah dengan Anda masuk ke dashboar Google Search Console Anda. Masuk ke menu ‘perayapan’.

Klik 'fetch as Google', tapi sebelum itu pastikan Anda sudah menyalin url artikel baru Anda. Setelah halaman fetch as Google terbuka, maka masukkan copy-an url artikel baru Anda tersebut. Yang perlu diperhatikan, saat memasukkan url cukup dimulai dari tanggal sampai seterusnya. Nama domain blog Anda tidak usah ikut dimasukkan karena sudah tertulis di atas. Lalu tekan 'ambil'. Ingat, jangan klik 'ambil dan render', cukup tombol 'ambil' saja

Klik opsi 'Meminta pengindeksan'. Google nantinya akan mengindeks artikel tersebut, tapi sebelum itu buktikan kalau Anda bukan robot dan cheklist ‘rayapi url ini saja’ jika url yang ingin dirayapi satuan. Lantas klik 'kirim'.

Baca juga:  Cara Memasang Komentar Disqus di Blog

Mungkin sekadar itu dulu panduannya.

Yang perlu Anda ketahui Google Search Console ini begitu berguna untuk blog Anda. Bahkan Anda bisa meningkatkan SEO blog dari sini.

Properti yang diberikan Google begitu membantu, sudah begitu mereka memberikannya secara gratis. Maka manfaatkan tool satu ini supaya blog Anda menjadi hebat.

Itu lah artikel tentang panduan yang sering banyak dicari tentang cara pengguanan Google Search Console.

Labels: