Kumpulan Situs untuk Menghitung Kecepatan Blog Terbaik

Situs untuk Mengecek Kecepatan Blog

Kecepatan blog sangat pelru kita tingkatkan supaya pengunjung yang datang ke blog kita merasa nyaman. Tapi kita tidak akan tahu seberapa cepat blog kita dibuka kalau kita tidak tahu berapa kecepatannya. Untungnya ada situs untuk menghitung kecepatan blog terbaik yang membuat kita terbantu hingga bisa mengetahui seberapa cepat blog kita.

Situs untuk Mengecek Kecepatan Blog

Kecepatan loading atau akses blog ini sangat penting dan juga mempengaruhi performa dari blog ynag kita miliki. Oleh karena itu kita sebagai webmaster peru mengecek terlebih dahulu apakah kecepatan loading website kita sudah baik. Jika kurang maka kita bisa memperbaikinya setelah hasil pengecekan kita dapatkan.

Kenapa kita perlu memperhatikan kecepatan loading blog atau website kita karena juga berpengaruh di mesin pencari bahkan Goolge search engine pun merekomendasikkan untuk menggunakan template SEO friendly dan responsive sehingga akan mendapatkan performa website yang terbaik. Kemudian bagi pembaca atau pengunjung sendiri akan merasa nyaman ketika mengakses situs kita. Jika kita di posisi seorang yang ingin mencari informasi di internet kemudian mencari di mesin pencari dan mendapati judul artikel yang sesuai dengan keinginan kita namun setelah di akses loading lambat dan bahkan tidak bisa untuk membuka pasti akan sangat merugikkan bagi pengunjung dan dampaknya juga ke kita karena pengunjung telah kabur meninggalkan website kita.

Artikel terkait: Cara Mengecek Harga Blog atau Website Anda

Berikut ini adalah daftar dari situs-situs tersebut:
Tool satu ini memberikan banyak kelebihan pada pengguna yang mengecek kecepatan blog atau website mereka di sana. Banyak para blogger yang mengukur kecepatan blog di GT Metrix. Tak jarang orang-orang yang sedang pamer kecepatan blog mereka menggunakan screen shoot gambar yang dipaparkan GT Metrix di website mereka.

Di GT Metrix, Anda tidak hanya mendapatkan informasi seberapa cepat blog Anda, tapi juga informasi tentang apa saja yang harus diperbaiki. Juga terdapat penilainan dari beberapa hal yang membuat Anda tahu masih layak untuk tetap dibiarkan seperti itu atau cepat-cepat diperbaiki.

Hasil yang di berikan sangat akurat. Bagi Anda yang ingin mengecek kecepatan website, kami rekomendasikan untuk mencoba tool satu ini.
Google memang ada dalam segala hal. Termasuk dalam pengukur tingkat kecepatan blog.

Google Pagespeed tak kalah banyak digunakan oleh para blogger untuk mengecek kecepatan blog mereka.

Cara pengecekkan pun mudah, kunjungi saja website mereka lalu masukkan url Anda.

Di sini Anda bisa mengukur kecepatan blog dalam tampilan mobile maupun dekstop. Di Google Pagespeed, kecepatan yang baik diukur bila presentase blog di atas 75%. Jika berada di bawah itu, maka Anda harus cepat-cepat memperbaiki kecepatannya.

Tapi tenang saja Anda tak pelru bingung bagaimana cara memperbaikinya. Sebab Google Pagespeed sudah menganalisa semuanya. Apa yang perlu diperbaiki dan apa yang tidak perlu diperbaiki.

Anda tinggal klik dan lihat tutorial yang diberikan Google.

Tampilan Google Pagespeed lebih responsive dibanding GT Metrix. Tampilannya begitu sederhana, Anda tak akan bingung bila memasuki website Google Pagespeed ini.
Situs untuk menghitung kecepatan blog terbaik berikutnya adalah Pingdom. Di sini Anda bisa mendapatkan informasi secara lengkap.

Situs ini begitu terpercaya untuk Anda melakukan pengecekan kecepatan blog. Analisa yang dilakukan pun cepat. Anda tidak perlu menunggu lama, maka hasil sudah Anda bisa lihat.

Pengukuran bukan cuma meliputi kecepatan blog, tapi juga page size, load time, performance insights, responses code, content size by domain, sampai ukuran dari seluruh gambar yang berada di postingan artikel Anda juga dihitung di sini. Begitu akurat dan tidak mungkin menipu.
Cara penggunannya benar-benar mudah. Anda cukup masukkan url blog Anda, tunggu prosenya yang sedang berjalan. Ada tahapan-tahapannya, dari mulai waiting, testing, and done.

Informasi yang disajikan berbentuk diagram-diagram entah itu lingkaran atau garis. Juga ada penilainan baik buruknya blog Anda di bagian atas diagram tersebut.

Tapi sayangnya tidak ditampilkan cara perbaikan dari masalah yang ada di blog Anda.

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog Meski Jarang Update Artikel

Lain dari apa yang kita bahas di atas, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat blog Anda menjadi fast loading.

Kalian yang baru saja mengecek blog, lalu kecepatannya dapat dibilang tidak sesuai keinginan, maka ikuti cara untuk mempercepat blog Anda.
  1. Jangan terlalu banyak menaruh widget. Pasang saja bagian yang sangat pelru. Bahkan Saya sendiri tidak memasang arsip karena merasa itu tidak pelru meskipun itu adalah widget yang wajib ada. Bagi Anda juga yang cuma memiliki satu kategori, juga lebih baik tidak usah memasang widget kategori.
  2. Kalau blog Anda sudah ada tampilan iklan, jangan terlalu banyak memasangnya. Itu dapat membuat blog lelet.
  3. Jika blog benar-benar lelet, lebih baik Anda setting templatnya menjadi responsive.
  4. Perhatikan gambar. Jangan menaruh gambar dengan kualitas besar. Kompres saja gambarnya sebelum dipostinga agar tidak memberatkan saat proses loading.
  5. Pemilihan template juga diperhatikan di sini. Pilihlah template yang fast loading namun tampilannya tetap keren.
Sekian artikel dari kumpulan situs untuk mengecek kecepatan blog terbaik yang bisa Anda coba. Tools di atas sangat direkomendasikan untuk Anda. Mari coba dan lihat seberapa cepatkah blog Anda tersebut.

Labels: