2 Cara Mengindeks Artikel di Blog yang Jarang Diketahui Blogger

2 Cara Mengindeks Artikel di Blog yang Jarang Diketahui Blogger

Cara Mengindeks Artikel di Blog

Walaupun hanya 2 cara, tapi ini terbukti berhasil. Orang-orang yang sudah mempraktekkannya bisa melihat hasil memuaskan dari 2 cara ini. Terbukti hanya dengan hitungan menit, artikel sudah terindeks bahkan sudah berada di posisi halaman pertama. 2 cara mengindeks artikel di blog tidak terlepas dari tool yang disediakan Google secara gratis. Yaitu Google Search Console.

Cara Mengindeks Artikel di Blog yang Jarang Diketahui Blogger

Dengan memanfaatkan tool tersebut, artikel Anda akan cepat diindeks Google.

Sebagai search engine nomor satu di dunia, sudah sepantasnya Anda sebagai blogger mendaftarkan blog serta artikelnya ke Google supaya bisa dicari oleh sejuta umat manusia. Namun karena pesaing banyak, pastinya hal ini akan sangat berat sekali.

Artikel terkait:  Panduan yang Banyak dicari Tentang Cara Menggunakan Google Search Console

Tapi bersyukurlah, yang penting artikel bisa terindeks, jangan terlalu berharap menjadi artikel nomor satu dari artikel lain. Utamakan dulu Google mengenali artikel Anda, jika di mata Google itu artikel bagus, maka bisa menjadi mungkin artikel Anda tak cuma terindeks, tapi juga menjadi yang pertama kali muncul saat orang-orang mencarinya.

Jadi sistemnya di sini itu dengan Anda mengirimkan link artikel ke Google supaya cepat diolah Google. Karena ada banyak artikel yang masuk, menunggu artikel terindeks dengan sendirinya itu akan memakan waktu lama. Tapi dengan mengirimkannya ke Google, Anda bisa mempersingkat waktu sebab cuma butuh beberapa menit saja artikel Anda sudah bisa masuk ke daftar pencarian Google.

Berikut ini 2 cara mengindeks artikel ke blog:

  • Menggunakan Crawl URL

Menu ini berada di perayapan, tentunya hanya ada di tool search console. Sebelumnya Anda harus masuk dulu, dan blog Anda sudah terdaftar di sana.

Setelah masuk ke halaman itu, akan muncul tampilan kotak untuk Anda memasukkan url, lalu kode captcha dan pilihan kirim.

Salin terlebih dahulu url artikel Anda, lalu tempel ke bagian kotak yang sudah disediakan. Buktikan kalau Anda bukan robot dengan mengisi kode captcha. Setelah itu klik kirim.

Proses akan berlangsung. Waktu yang diperlukan sebentar sekali. Saat proses sudah selesai, coba cek apakah artikel Anda sudah terindeks di Google dengan mengetik judul artikel Anda.

Dari beberapa pengalaman blogger lain, hanya butuh beberapa detik saja untuk artikel terindeks ke Google.

  • Menggunakan Fetch as Google

2 cara mengindeks artikel ke blog berikut ini juga ada di menu perayapan Google Search Console.

Klik menu perayapan/crawl dan akan tersaji pilihan-pilihan yang menjulur ke bawah. Klik pilihan fetch as Google.

Lihatlah bagian kotak tempat di mana Anda nantinya memasukkan link url Anda. Lihat juga bagian atas kotak itu. Sudah tertulis nama domain Anda di sana. Jadi tidak perlu memasukkan nama domain, cukup dimulai dari tanggal pembuatan artikel.

Tempel url artikel yang sudah Anda salin ke sana. Lalu klik ‘ambil’.

Anda bisa melihat ada dua pilihan di sana. Yakni menu ‘ambil’ dan menu ‘ambil dan render’.

Dua tombol itu sama saja, tapi lebih disarankan klik tombol ‘ambil’ karena proses yang pengindeksan dilakukan lebih cepat.

Setelah menekan tombol itu, klik ‘Minta pengindeksan’ di link yang sudah ditambahkan pada tabel. Anda disuruh mengisi kode capcha lagi, lalu ada 2 pilihan lagi di bawahnya. ‘Rayapi url ini saja’ dan ‘rayapi url ini dan tautan langsungnya’. Dua pilihan itu memiliki fungsi berbeda.

Kalau rayapi url ini saja, Artikel yang dirayapi hanya itu saja. Di pilihan tersebut pula kita bisa mengirim maksimal 500 artikel dalam sebulan. Jadi kita punya banyak kesempatan untuk membuat artikel di blog kita terindeks.

Baca juga:  Cara Memasang Komentar Disqus di Blog

Sedangkan pilihan rayapi url ini dan tautan langsungnya, berfungsi untuk merayapi artikel dan link artikel yang ada di dalamnya.

Maksimal mengirim artikel untuk pilihan tersebut adalah 10 kali selama satu bulan.

Setelah memilih salah satu dari kedua pilihan itu, maka klik kirim dan proses akan dilanjutkan.

Google Search Console memang begitu membantu kita dalam aktivitas ngeblog. Maka manfaatkan apa yang ada di sana.

2 cara mengindeks artikel di blog di atas bisa juga Anda tambahkan dengan menambahkan peta situs agar Google lebih mudah merayapi blog Anda. Menu peta situs juga berada di perayapan, jadi dalam satu kesatuan, menu-menu yang ada di perayapan/crawl membantu Anda semakin dekat dengan Google dan calon pengunjung blog.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.